Highlight

Petaka Filler Payudara Seharga 13,5 Juta Salon Zaskia Studio & Beauty

Zaskia Studio & Beauty Bar melakukan perawatan gigi hingga ke filler payudara Salon yang makin serba bisa itu perlu dipertanyakan. Janga...

Tuesday, January 28, 2020

TRAINER

Trainer a.k.a Behel Ajaib alias Perapih gigi ajaib yang diendorse artis


Sering disebut perapih gigi ajaib atau behel ajaib. Ajaib karena tanpa jumpa dokter, beli sendiri, pasang sendiri dan Voila! Gigi rapi. Itu kata iklan.

Sebenarnya alat apa ini? Amankah? 

Ini yang terjadi: jika kamu mengetikkan kata itu di mesin pencarian, maka yang keluar bukan informasi resmi dari profesional medis, melainkan akun-akun jualan. Ditambah lagi efek viral oleh endorsement artis. Lalu kepada siapa lagi masyarakat akan memperoleh informasi?

Ya tinggal dari si public figure pujaan hati.

Ya! Alat ini banyak di-endorse artis. Percayalah, mereka hanya makan uangnya. Alatnya ga pernah dipakai. Gigi mereka rapi bukan karena alat itu. Dari sebelum endorse juga udah rapi.

Public figure adalah guru buat masyarakat. Guru itu digugu lan ditiru (dipercaya dan dicontoh). Di sisi lain, uang bisa mengendalikan public figure ini ke arah yang diinginkan si pemilik pemodal.

Artinya apa?

Di tengah serangan informasi dari segala arah, mental masyarakat secara tidak langsung disetir oleh pemilik modal dan kemudian diamplifikasi oleh media.

Agama dan moral seketika tidak berkutik.

Jika yang abal sudah di-publicfigure-kan, tinggal tunggu waktu di mana dianya akan menjadi satu pemakluman dan pembenaran umum. Kesehatan masyarakat di ujung tanduk.

Jangan memasukkan apapun ke mulut jika informasi bahan dan keamanannya tidak tertulis dengan jelas. Gimana jika hasil daur ulang karet kondom bekas? Ga pernah ada yang tahu.

Cek juga isi dompet kamu. Karena alat ini benar-benar ajaib melenyapkan duitmu seketika. Sebaiknya gunakan saja untuk berdonasi. Gigimu ga butuh ganjelan geje. Banyak saudara kita yang masih butuh ganjelan dana untuk menyambung hidup mereka.

Setiap orang punya masalah gigi yang berbeda. Ukuran rahangnya pun berbeda. Mustahil alat dengan satu ukuran ini bisa mengatasi seluruh kasus yang ada. Alat ini ga mungkin bisa ngertiin kamu satu persatu.

Biarlah artis mengendorse, logika berpikir tetaplah berlalu. Mereka hanya dikasih, ga beli, dan tiada pula dipakai. Dibayar, pula.

Artis mengendorse tanpa paham efek sampingnya secara kesehatan dan betapa masifnya ketersesatan yang ditebarkan di tengah-tengah masyarakat. Kita berada di tengah rimbanya para public figure yang alih-alih memberikan pengaruh baik, malah menyebarkan virus penyakit. Yang seperti itu, tak pantas disebut influencer. Influenza, lebih pas.

Sejumlah artis/selebgram yang pernah mengendorse behel ajaib di akun instagramnya


Maklumi saja, untuk menjadi artis, tidak pernah ada syarat 'harus berwawasan'.

Lha kamu, keluar duit, ga guna, berisiko. Kalau kenapa-kenapa, duitmu ga sebanyak artis-artis itu.

Ketika salon gigi berusaha menawarkan perawatan murah, kami dokter gigi menawarkan solusi agar kamu ga keluar uang sama sekali. Yaitu dengan: pandai-pandai bersyukur.

Aturan pakai ga konsisten. Mana yang akan kamu ikuti?

Aturan pakai tidak konsisten


Bahkan kadang materi iklannya dibuat seadanya-sekenanya.

Tak ada yang namanya pakar struktur gigi. Apalagi risetnya. Curigalah jika dikatakan 100% aman. Bahkan alat medis yang dipasang oleh dokter sekalipun selalu memiliki risiko medis. Apalagi barang antah-berantah ini.
Sering kali mereka mengiklankan dengan memberikan penjelasan yang tidak mereka pahami sedikitpun apa yang mereka katakan. Dikatakannya telah teruji secara dermatologis oleh pakar gigi. Sejak kapan gigi jadi fokusnya dokter ahli kulit?



Mereka berusaha menjauhkanmu dari dokter. Its okay, semoga kamu semua bisa jadi dokter untuk dirimu sendiri. Eh tapi, dokter juga butuh dokter lain lho.

Tagline yang digaungkan adalah: tanpa jumpa dokter, jelas sekali mereka berusaha menjauhkanmu dari jangkauan informasi resmi dari profesional medis. Hati-hati dengan bahan polyurethane. Untuk beberapa orang, bahan ini bisa memicu alergi.


Maka sudah cukup jelas pesan dari penjual perapih gigi ajaib ini adalah: jika sakit konsultasi dan berobatlah pada artis.


FAKTA TRAINER

1. Merupakan alat myofunctional, artinya bekerja dg memanfaatkan kekuatan otot-otot lidah dan pipi. Maka kesalahan pemakaian tidak hanya berefek pada gigi, tapi juga pada otot dan jaringan mulut yang lain.

2. TIDAK BISA digunakan pada semua kasus, hanya pada kasus-kasus terbatas yang ditentukan melalui serangkaian pemeriksaan oleh orthodontist.

3. Trainer ada 2 jenis, yaitu untuk gigi anak-anak (peralihan gigi susu ke gigi permanen), dan untuk gigi dewasa.

4. Trainer untuk gigi anak-anak (disebut juga pre-orthodontic) terdiri dari 2 fase dengan 2 alat retainer yang berbeda. Fungsinya sebagai panduan gigi permanen yang hendak tumbuh agar terletak dlm lengkung rahang yang benar serta menghilangkan kebiasaan buruk misalnya bernafas melalui mulut atau cara menelan yang salah.

5. Trainer untuk gigi dewasa terdiri dari 3 fase dengan 3 alat trainer yang berbeda. Penggunaannya harus disertai latihan otot2 lidah dan pipi di bawah pengawasan dokter gigi.

6. Karena bisa lepas pasang sendiri, agar sesuai ekspektasi dan menghindari efek samping, aturannya sangat ketat. Dan mutlak harus sesuai aturan dokter.

Intinya adalah tetap bersyukur untuk segala sesuatu yang telah dianugerahkan. Bersyukur dalam ranah kesehatan gigi ada 2 cara:

1. Menjaga yang sudah sehat
2. Memperbaiki yang rusak agar kembali ke kondisi dan fungsi alaminya

Hanya akal sehat yang bisa melindungi kita dari iklan-iklan menyesatkan seperti ini. Bukankah hanya dengan bersyukur, maka kamu tak perlu kehilangan serupiahpun?


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Follow Aja Dulu

Other Platform

Popular Posts