Highlight

Petaka Filler Payudara Seharga 13,5 Juta Salon Zaskia Studio & Beauty

Zaskia Studio & Beauty Bar melakukan perawatan gigi hingga ke filler payudara Salon yang makin serba bisa itu perlu dipertanyakan. Janga...

Saturday, September 19, 2020

Ilmu itu sejatinya akan mengubah orang yang MERASA BISA jadi BISA MERASA. Dalam bahasa jawa: rumongso iso dadi iso rumongso. Itulah kenapa ilmu bisa membuat seseorang makin paham batasan-batasan segala sesuatunya.

Di masyarakat, golongan I KNOW EVERYTHING ini hanya berbekal kepercayaan diri tanpa menyadari bahwa dirinya tidak berkompeten. Jumlahnya banyak banget. Let say, jika disajikan dalam diagram piramid, posisinya ada di paling dasar. Paling gede jumlahnya.

Idealnya, ilmu lambat laun akan mengubah cara berpikirnya menjadi golongan: TRUST ME. ITS COMPLICATED. Disinilah kenapa di dunia medis, ilmu akan semakin berkembang dan semakin terspesialisasi.

Dokumentasi kasus drg. Lira Masri Sp. BM:
Wanita, 50 tahun, dengan bengkak di bibir dan pipi kanan. Nanah sudah terbentuk di area tersebut. Terdapat gigi palsu yang tidak bisa dilepas sejak kurang dari satu tahun yang lalu, menutupi 10 sisa akar dan gigi yang rusak tanpa perawatan. Pasien dirawatinapkan untuk persiapan tindakan operasi dengan bius umum. Terdapat riwayat diabetes terkontrol.

Oknum yang tak bersekolah di luar sana yang masih bermain-main dengan bisnis gigi memang bukan saingan profesional medis dalam hal peluang bisnis. Tapi akan sangat merepotkan jika sudah terjadi keparahan seperti pada kasus di atas.

Tim dokter yang memahami bahwa hal ini rumit, akan bekerja sama dengan sejawat lain lintas profesi. Pemeriksaan penunjang harus dijalani. Berbagai macam SOP harus ditaati.

Persiapan sebelum operasi meliputi cek lab, foto thorax, pemeriksaan EKG, konsul dokter penyakit dalam dan dokter anestesi. Kemudian dilakukan pencabutan gigi dan pelepasan gigi palsu oleh dokter gigi spesialis bedah mulut dalam kondisi bius total. Selanjutnya akan dikonsulkan ke spesialis prostodonsia untuk pembuatan gigi tiruan.


Satu orang yang tak berilmu memberikan tugas berat kepada satu tim profesional medis. Plus dengan taruhan nyawa pasien.

Dan mungkin di detik ini, oknum tersebut masih saja melakukan kebodohan yang sama dan bahagia dengan duitnya.

Dokumentasi kasus oleh drg Lira Masri spesialis bedah mulut (@bedahmulut_indramayu)

Saat ini pasien sudah dalam kondisi baik. Akan dilanjutkan dengan pembuatan gigi palsu yang sesuai dengan kaidah-kaidah kesehatan gigi.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Follow Aja Dulu

Other Platform

Popular Posts