Highlight

Petaka Filler Payudara Seharga 13,5 Juta Salon Zaskia Studio & Beauty

Zaskia Studio & Beauty Bar melakukan perawatan gigi hingga ke filler payudara Salon yang makin serba bisa itu perlu dipertanyakan. Janga...

Wednesday, September 9, 2020

Dokumentasi kasus: drg. Dhanni Gustiana, Sp. BMM



Sejatinya, semua tindakan medis, termasuk orto/behel itu memerlukan ilmu sedemikian rupa untuk mengupayakan agar jalannya perawatan dan alat yang dipakaikan itu AMAN BUATMU.

Kasus ini adalah contoh ketiadaan ilmu sehingga alatnya justru menjadi pencetus penyebaran infeksi.

Pria, 21 tahun, mengalami pembengkakan di wajah. Riwayat: pasang kawat gigi di tetukang sebulan yang lalu. Kawat pernah menusuk dan melukai gusi, maka oleh tetukang, kawat dilepas dan diberikan 3 butir amoxicillin.


Pembengkakan di gusi dan pipi semakin besar. Pasien berobat ke Puskesmas. Kawat gigi sudah dilepas tapi braket masih menempel. Kebersihan mulut buruk terdapat karang gigi dan terdapat gigi mati.

Dokumentasi kasus: drg. Dhanni Gustiana, Sp. BMM



Tidak sembuh, pembengkakan abses meluas hingga di area bawah mata sampai mata tertutup. Kemudian dirujuk ke dokter gigi spesialis bedah mulut dan maksilofasial.

Dokumentasi kasus: drg. Dhanni Gustiana, Sp. BMM


Upaya menjadikan alat orto ini aman seharusnya dilakukan sejak awal perawatan orto. Yaitu dengan menghilangkan sumber infeksi baik yang sudah terlihat atau yang masih berupa potensi. Seperti, membersihkan karang gigi, mencabut sisa akar dan merawat gigi berlubang.


Perawatan selanjutnya adalah melakukan insisi (pembuatan jalan keluar nanah) secara bedah dari luar mulut (ekstraoral) dan dalam mulut (intraoral).

Dokumentasi kasus: drg. Dhanni Gustiana, Sp. BMM



Dari kejadian ini, siapapun yang masih memiliki akal dan nurani, tahu betul bahwa semua orang bisa memasang behel. Tapi soal keamanan pada manusia, itu yang memerlukan pendidikan yang ga sesederhana tutorial DIY dan life hacks di video 5-Minutes Craft.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Follow Aja Dulu

Other Platform

Popular Posts